5 Bulan Jadi Mentan, Amran Sulaiman Sukses Benahi Regulasi Hingga Tambah Alokasi Pupuk Subsidi

By Al


nusakini.com - JAKARTA, 1 April 2024 - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman telah menorehkan sejumlah prestasi dalam lima bulan kepemimpinannya. Dalam periode singkat tersebut, Mentan Amran berhasil membenahi regulasi terkait pengambilan pupuk subsidi, serta meningkatkan alokasi pupuk subsidi secara signifikan.

Pada Apel Siaga Hari Besar Keagamaan Nasional Puasa dan Idul Fitri, Mentan Amran menyampaikan bahwa perbaikan regulasi terkait pengambilan pupuk subsidi telah dilakukan dengan menyederhanakan proses, yakni hanya dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Langkah ini bertujuan untuk mengurangi hambatan bagi petani, terutama di wilayah pelosok desa.

"Regulasi permentan kami permudah karena pengambilan pupuk bisa menggunakan KTP. Aturan yang sebelumnya menyulitkan petani kami perbaiki agar produksi pertanian tidak terganggu," ujar Mentan Amran.

Selain itu, Mentan Amran juga berhasil meningkatkan kepastian pemerintah dalam menyediakan pupuk subsidi dengan menambah alokasi sebesar 28 triliun. Dengan tambahan alokasi ini, kuantitas pupuk subsidi meningkat dari 4,5 juta ton menjadi 9,5 juta ton. Langkah ini diharapkan dapat memberikan kepastian bagi petani mengenai ketersediaan pupuk.

"Meningkatkan alokasi pupuk subsidi menjadi 9,5 juta ton adalah langkah penting. Ini membuat petani tidak perlu khawatir akan ketersediaan pupuk," tambahnya.

Selanjutnya, Mentan Amran juga telah mengambil langkah cepat dalam mengatasi dampak dari fenomena El Nino yang berdampak pada penurunan produksi pertanian. Salah satu langkahnya adalah memperluas sistem pompanisasi dengan memanfaatkan air sungai untuk mengairi lahan pertanian.

"Pompanisasi sudah berjalan dengan baik. Kami berharap dapat meningkatkan jumlah tanam dari sekali menjadi tiga kali dalam setahun. Fokus kami saat ini adalah di Pulau Jawa," jelas Mentan Amran.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi menyambut optimis langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Mentan Amran. Menurutnya, upaya yang dilakukan Mentan Amran akan membawa sektor pertanian Indonesia menuju perkembangan yang pesat.

"Langkah-langkah yang telah diambil oleh Mentan Amran akan membawa perubahan positif bagi sektor pertanian. Kami siap melakukan distribusi pangan sesuai dengan tugas dan fungsi kami," kata Arief.

Dengan demikian, di bawah kepemimpinan Mentan Amran, sektor pertanian Indonesia diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi ketahanan pangan nasional.